Skip to Content

Dillard Design

Segala hal yang berkaitan dengan Design dan Seni

MUI Menginginkan Pangkas Kesenjangan Ekonomi pada Entrepreneur Besar serta Mikro

Be First!
by April 20, 2017 Bisnis

Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Pusat, M. Azrul Tanjung menyampaikan pihaknya menginginkan mengangkat derajat usaha mikro, kecil, serta menengah (UMKM) yang tingkat kesejahterannya jauh dibawah entrepreneur besar. Walau sebenarnya, kata dia, UMKM miliki peluang yang sama untuk berkembang di pasar.

” Kita menginginkan kesenjangan dapat kita dekatkan. Kesenjangan ini pasti tak dapat dengan menarik atas ke bawah, namun yang bawah kita tarik ke atas, ” tutur Azrul waktu terlibat perbincangan di Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Oleh karenanya, Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat bakal mengadakan kongres bertopik ” Arus Baru Ekonomi Indonesia “.

Dalam kongres ini, MUI mengundang beragam stakeholder dari mulai pelaku UMKM, entrepreneur besar, organisasi orang-orang Islam, sampai unsur pemerintah. Maksud kongres itu yaitu mengecilkan jarak pada pelaku usaha besar serta kecil.

” MUI berusaha lakukan motivasi, mendorong, mengkonsolidasikan ekonomi umat, terlebih ekonomi orang-orang kecil bagaimana masalah mikro dapat lebih dapat bertahan, ” kata Azrul.

Azrul menyampaikan, pihaknya bakal mengajak beberapa entrepreneur besar untuk berembuk hadapi persoalan itu. Entrepreneur yang diundang MUI dalam kongres itu diantaranya yang memiliki CT Corp Chairul Tanjung serta yang memiliki Medco Group, Arifin Panigoro. Ada pula sebagian entrepreneur dari Asosiasi Entrepreneur Indonesia (Apindo).

” Kita mengharapkan besar perusahaan besar itu ingin berperan untuk tumbuh kembang usaha mikro, ” kata Azrul.

Diluar itu, pihaknya juga mengundang pondok pesantren yang berhasil dari sisi wiraswasta. Ia menginginkan mereka sharing kiat untuk meningkatkan potensi pondok pesantren lain yang masihlah ” merangkak “.

Azrul mengharapkan, dengan jalinan yang di bangun berbarengan mitra MUI, jadi usaha besar dapat membagikan beragam sumber daya yang dipunyai untuk mengangkat derajat usaha kecil. Termasuk juga industri khas yg dipunyai di beberapa daerah.

” Kita tidak ingin lakukan hubungan kerja seperti yang bebrapa telah, di mana pola ayah angkat serta anak angkat. Itu lebih pada malah membuat ketergantungan yang begitu tinggi pada anak serta ayah, ” kata dia. Bagaimanapun memang harus ada kerjasama yang saling menguntungkan antara pengusaha besar dan pengusaha kecil agar bisa tumbuh bersama.

Previous
Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*