Skip to Content

Dillard Design

Segala hal yang berkaitan dengan Design dan Seni

Tips menjaga pola makan sehat selama berpuasa

Be First!
by June 28, 2016 Kuliner

Puasa jangan jadikan alasan, untuk tidak menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Meskipun kita sedang berpuasa, ada baiknya kita tetap memperhitungkan pola makan dan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita. Dengan asupan Nutrisi yang tetap terjaga, tubuh kita akan tetap sehat dan bugar. Simple nya cara mengatur makanan dapat dibagi dalam beberapa sesi makan, sahur, makanan berbuka, Makan lengkap setelah Maghrib, dan makan Kecil Setelah Tarawih.

 Menjaga pola makan saat berpuasa

Dengan rumus diatas, bisa dikira kira. Sekitar 40 persen konsumsi makanan saat sahur, 50 persen saat berbuka, dan 10 persen setelah shalat tarawih. .

Berikut saran makanan yang dianjurkan saat berpuasa :

Sahur

Sumber karbohidrat, misal nasi,roti,kentang atau bihun. Kemudian Protein Hewani Ikan,Daging,Ayam,Telur. Protein Nabati Tempe, Kacang Kacangan, Lemak sayur dan lain lain. Sayur dan Buah. Susu 1 gelas dan 3 gelas Air Minum.

Buka Puasa

Berbuka paling baik, diawali dengan makanan yang manis manis, karena makanan manis adalah makanan yang bisa mengganti kadar gula darah tubuh yang berkurang saat berpuasa. Makanan manis yang disajikan dengan suhu normal, ( sesuai dengan suhu tubuh kita ), misalnya kolak, kurma, teh manis dan lain sebagainya. Namun makanan manis harus tetap dijaga, sesuai kebutuhan saja, tidak boleh berlebihan.

Makan lengkap

Penuhi karbohidrat, protein, sayur dan buah buahan, lemak sehat. Kemudian cukupi kebutuhan air minum tubuh.

Makanan Kecil

Dimakan setelah shalat tarawih dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Lebih baik buah buahan, Atau makanan padat seperti kue kue camilan dan lain lain. Namun juga tidak boleh berlebihan karena bisa menaikkan gula darah dengan cepat.

Itulah tips mengatur makanan saat puasa, agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Previous
Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*